Selasa, 01 Oktober 2013

STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN



Struktur Organisasi Perusahaan
http://3.bp.blogspot.com/_F5sHk505JmU/Sv14geqOWxI/AAAAAAAAACg/sTa2a8kOF0U/s320/Untitled.jpg
Sebuah diagram organisasi pada suatu perusahaan dapat dianalisa melalui sifat maupun suatu bentuk keputusan dari level tertinggi unit perusahaan tersebut ke level dibawah berikutnya . Suatu sistem informasi yang dimulai dari suatu organisasi baru membuat suatu rancangan sistem informasi dianalisa
secara menyeluruh termasuk analisa terhadap stuktur organisasi yang ada pada perusahaan tempat sistem informasi hendak dibangun.
Dan setiap perusahaan pasti memiliki bagian-bagian strutur terpenting pada sebuah perusahaan itu sendiri, bagian-bagian terpenting itu seperti, Komisaris (owner). Di dalam suatu perseroan, diwajibkan mempunyai sekurang kurangnya satu orang komisaris independen, berasal dari luar perusahaan serta tidak mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan atau afiliasinya. pada prisipnya, komisaris bertanggung jawab dan berwenang untuk mengawasi kebijakkan dan tindakan direksi, dan memberikan nasehat kepada direksi jika diperlukan . Karna Komisaris memiliki kedudukan pertama dalam suatu perusahaan . dan bisa dilihat dalam diagram diatas .
Untuk membantu komisaris dalam menjalankan tugasnya, berdasarkan prosedur yang ditetapkan sendiri, maka seorang komisaris dapat meminta nasehat dari pihak ketiga atau membentuk komite khusus. Setiap anggota komisaris harus berwatak amanah dan mempunyai pengalaman dan kecakapan yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya.  
Dan komisaris mempunyai bagian dibawahnya seperti Presiden Direktur yang bertugas mengepalai semua prosedur  yang berjalan dalam suatu perusahaan . Dalam halnya Presiden Direktur akan dibantu oleh seorang Managing Direktur yang bertugas/bekerja untuk mmemanage berjalalannya suatu pelaksana yang akan dirinci seperti padahalnya sebuah kerja sama yang akan dilakukan kedalam perusahaan lain. Dan seseorang yang juga memiliki sebuah kedudukan Direktur harus memiliki peranan memimpin dan mengkoordinasikan semua kegiatan. Dalam suatu bagian-bagian terpenting yang terstruktur pada perusahaan juga harus memiliki sebuah sekertaris yang akan membantu dan mempresentasikan suatu proyek yang akan dikerjakan. Dan  terbagi lagi sebuah General Manager seseorag yang berada diposisi/menduduki ini harus memiliki wawasan yang luas baik dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan dan harus bisa bertugas untuk mengatur suatu pekerjaan dan harus mengevaluasikan pekerjaan yang sudah selesai . dan Manager bertugas sebagai pemegang kepemimpinan dalam suatu perusahaan yang mampu menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan usaha dan iklim yang kondusif di dalam kehidupan organisasional, meningkatkan proditivitas kerja karyawan/pegawai dengan memberikan contoh ataupun sebuah arahan yang baik serta mempunyai gaya yang produktif. Pada kedudukan berikutnya perusahaan juga memiliki Seorang Supervisor yang bertugas untuk mengawasi atau mengamati suatu kegiatan yang dijalankan dalam sebuah perusahaan. Dan seorang Supervisor tidak berkenan untuk mengatur yang ada dalam perusahaan.
Dan pada posisi didalam suatu organisasi Perusahaan itu sendiri  juga memiliki kepala seksi bagian yang mempunyai beberapa anggota yang mengikutsertakan pada berjalannya suatu kegiatan yang ada.
Dan untuk melakukan/mengerjakan kerja sama yang baik dalam Sebuah perusahaan harus memiliki kualitas yang baik . Tidak melakukan sebuah kecurangan atau ketidak jujuran dalam sebuah proyek yang akan dikerjakan . Dengan kerja sama yang baik didalam sebuah perusahaan maka perusahaan lain pun akan melihat ketertarikan untuk melakukan kerja sama pada perusahaan itu sendiri yang mungkin akan bisa menguntungkan satu sama lain . Semua ini dilakukan demi memajukan sebuah perusahaan yang dimiliki sebagai implementasi setiap perusahaan yang akan bermodal tinggi dan mungkin bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan asing yang akan menghasilkan nilai keuntungan yang sangat tinggi .  dan dengan hanya bermodalkan kerja sama yang baik perusahaan itu sendiri mungkin akan dapat berkembang tanpa diperlukannya perusahaan yg besar . dan dapat saling menghargai suatu bagian satu sama lain juga diperlukan dalam sebuah perusahaan . Perusahaan akan lebih merasa nyaman bila ada suatu kekerabatan yang mungkin bisa menjadi suatu nilai positif dalam sebuah perusahaan. tanpa adanya memandang bawahan ataupun atasan .

Sumber : http://anggiikiyudh.blogspot.com/2010/02/struktur-organisasi-dari-suatu.html

1 komentar: